Seminar INDOSTAFF 2013
Seminar Indostaff 2013

SEMINAR INDOSTAFF 2013

PERANAN PERGURUAN TINGGI INDONESIA DALAM MENGHADAPI ASEAN SINGLE COMMUNITY 2015

LATAR BELAKANG

Perkembangan dunia saat ini semakin menantang karena gejolak ekonomi, politik, perdagangan internasional serta issue-issue yang melibatkan banyak negara di dunia. Salah satu issue menarik untuk dicermati dalam waktu dekat adalah akan dibentuknya ASEAN SINGLE COMMUNITY 2015 (ASC 2015). Dalam komunitas tunggal ASEAN ini akan mempengaruhi keseimbangan internal di dalam negara-negara ASEAN. Perdagangan antar negara di ASEAN semakin mudah serta semua yang berhubungan dengan kegiatan kerjasama bila- dan multilateral akan semakin ramai, sehingga persaingan antar negara juga akan semakin kuat walaupun masih di dalam bingkai kerjasama ASEAN.

Persaingan ini perlu diwaspadai dengan sikap positif, sehingga Indonesia bisa mempersiapkan diri dengan baik dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat dan sistematis. Persiapan yang bisa dilakukan antara lain mempersiapkan sumber daya manusia secara utuh, mengelola perdagangan internasional dengan jujur dan benar, mengelola sumber daya alam secara efisien dan sesuai dengan kebutuhan yang rasional, dan lain sebagainya.

Perguruan tinggi di Indonesia memiliki peranan penting dalam mempersiapkan manusia Indonesia yang jujur, kompeten dan mudah beradaptasi dengan perkembangan dunia saat ini. Pola pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan di perguruan tinggi seharusnya sudah mengarah pada kepentingan tersebut serta disesuaikan dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia, yang diberlakukan sejak tahun 2013 agar arah pendidikan tinggi menjadi lebih fokus pada tatanan kualifikasi tersebut serta menghasilakn lulusan yang kompeten di bidangnya.

Melihat kondisi Indonesia saat ini serta pentingnya peranan perguruan tinggi dalam mempersiapkan sumber daya manusia yang handal, maka seminar dan konggres INDOSTAFF tahun 2013 ini dilaksanakan. Seminar sehari dan konggres ini akan membahas tentang strategi yang perlu diterapkan secara umum di tingkat nasional untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan nasional serta best practices yang telah dilaksanakan oleh beberapa perguruan tinggi Indonesia dalam menghadapi kondisi tersebut.

Kegiatan ini juga dilaksanakan dalam bentuk kerjasama antara Fakultas Teknologi Pertanian, Program Studi Magister Manajemen Perguruan Tinggi Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan Indonesian Alumni Association of UNISTAFF Program (INDOSTAFF)

TUJUAN KEGIATAN

Kegiatan Seminar dan Konggres INDOSTAFF ini adalah:

  1. Penyusunan strategi bagi perguruan tinggi Indonesia dalam mempersiapkan SDM untuk menghadapi ASEAN SINGLE COMMUNITY 2015.
  2. Memperkuat komunikasi dan jejaring antar perguruan tinggi Indonesia dalam melaksanakan kegiatan akademik yang ditujukan untuk menghadapi tantangan tersebut.

PELAKSANAAN SEMINAR

Seminar Indostaff dihadiri oleh para pimpinan serta staf pendidikan PTS dan PTN di wilayah Jawa Tengah dan Yogyakarta, para mahasiswa S2 Magister Manajemen Pendidikan Tinggi UGM (140 orang). Acara dimulai dengan laporan panitia pelaksana, sambutan Presidium Indostaff 2010 – 2013, welcome speech oleh Dekan Fak. Teknologi Pertanian UGM  Prof. Dr. Lilik Sutiarsodan Opening Remark oleh Prof. Dr. Pratikno, M.Soc.Sc. (Rektor UGM). Sesi Pembicara Tamu dipimpin oleh Prof. Dr. Lilik Sutiarso dengan 2 pembicara:

  1. Prof. Dr. Ir. Nizam, M.Sc. (Sekretaris Dewan Pendidikan Tinggi Kemendikbud) dengan judul “Haring Forum: Global Trends & enriching Education To Prepare For Competitive Glocal Citizen”
  2. Prof. Ir. Sudjarwadi, M.Eng. Ph.D. (Rektor UGM 2007 – 2012) dengan judul “ Kepemimpinan Perguruan Tinggi “

Sesi best practices dari perwakilan perguruan tinggi anggota Indostaff dibagi menjadi dua agar memberikan waktu yang lebih leluasa. Kedua sesi tersebut adalah:

Sesi I dipimpin oleh Prof. Dr. Marjono (Universitas Brawijaya) dengan pembicara:

  1. Prof. Hendrawan Soetanto (Universitas Brawijaya)
  2. Ir. Lien Herlina, M.Sc. (Institut Pertanian Bogor)
  3. Dr. rer. Pol. Ied Sitepu (Universitas Kristen Indonesia)

Sesi II dipimpin oleh Dr.-Ing. Singgih Hawibowo (UGM), dengan pembicara:

  1. Setyarini Santosa, SE, M.Akt  (Universitas Internasional Batam)
  2. Dr. Joko Samiaji  (Universitas Riau)
  3. Tanti Irawati Muchlis, SE, MM  (Universitas Widyatama – Bandung)
Welcome Speech oleh Dekan FTP UGM

Welcome Speech oleh Dekan FTP UGM

Presidium INDOSTAFF 2014 – 2016

Presidium INDOSTAFF 2014 – 2016 (Belakang: Puji Mudiana, Setyarini Santosa; Depan: Wahyu Supartono, Fatchiya Fatah, Abraham Simatupang)

Foto sebagian keluarga INDOSTAFF – 29 November 2013

Foto sebagian keluarga INDOSTAFF – 29 November 2013

Opening Remark oleh Prof. Dr. Pratikno M.Sc. (Rektor UGM)

Opening Remark oleh Prof. Dr. Pratikno M.Sc. (Rektor UGM)

Suasana Seminar Indostaff 2013

Suasana Seminar Indostaff 2013

Setyarini Santosa, SE, M.Akt

Setyarini Santosa, SE, M.Akt

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *